Tugas Dan Pekerjaan Operator Dapodik Di Tahun Pelajaran Baru 2018 2019


DAPODIKDASMEN TERBARU, Tugas Dan Pekerjaan Operator Dapodik Di Tahun Pelajaran Baru 2018 2019? - Banyak sekali pekerjaan yang harus dipersiapkan oleh Operator Dapodik mulai dari jenjang TK hingga jenjang Sekolah Menengah. Namun disini ada beberapa poin sebagai pengingat untuk diri saya khususnya, syukur-syukur kalau sobat Operator juga ikut mendapatkan manfaat dari postingan ini.

Apa Pekerjaan Operator Dapodik Di Tahun Ajaran Yang Baru?

Menjadi Operator Dapodik bisa dibilang gampang-gampang susah karena ada dua (katakanlah) instansi yang jadi tempatnya bekerja.

Pertama pemerintah pusat dan yang kedua adalah sekolah induk tempat Operator Dapodik bekerja.

Apabila ada tugas baru dari pemerintah pusat, Operator Dapodik cenderung lebih dahulu mengetahui dan celakanya Operator Dapodik (OPS) kebanyakan lebih memilih untuk menunggu perintah dari Sekolah ketimbang bersiap melaksanakan tugas dari Pemerintah Pusat.

Ada beberapa poin yang harus dilakukan OPS di tahun ajaran baru. Secara garis besarnya pekerjaan operator dapodik di tahun ajaran baru adalah sebagai berikut.


  1. Meluluskan siswa kelas 6 yang dinyatakan lulus. Untuk langkah-langkahnya sobat bisa lihat di halaman lain dari blog ini.
  2. Mempersiapkan data peserta didik baru. Data yang dipersiapkan adalah data isian untuk peserta didik baru. Form Peserta Didik Baru untuk dapodik bisa sobat unduh DISINI. Tidak hanya itu saja, data isian peserta didik harus dilengkapi dengan berkas pendukung berupa Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KIP, PKH, dll. Untuk lebih jelasnya cek Form Isian Peserta didik.
  3. Mengunduh dan update Dapodik ke versi paling baru. Biasanya ada himbauan update, tapi untuk tahun ajaran baru bisa dipastikan untuk menghapus aplikasi dapodik yang lama lalu install aplikasi dapodik yang terbaru. Aplikasi Dapodik terbaru bisa sobat unduh DISINI.
  4. Meminta Surat Tugas Operator Dapodik lalu upload di web SDM Data Kemdikbud.Untuk format Surat Tugas Operator Dapodik bisa sobat unduh DISINI, Sesuaikan dengan sekolah masing-masing ya.

Yang paling penting adalah data yang kita laporkan benar-benar valid dan sesuai dengan kenyataan. Sesuatu yang asli dapatnya juga asli lho (gajinya nambah...hehehehe)

Salam satu data.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon