OPS Dapodik Paudni Tidak Usah Panik



Dapodikdas memang telah dicanangkan mulai dari Sekolah Dasar sampai SMA sejak beberapa tahun yang lalu, dan setiap sekolah diwajibkan untuk mengerjakan tiap halaman menunya. Memvalidkan data PTK maupun data siswanya. Dan OPS nya telah mengikuti irama ini sejak pertama ilis sampai sekarang dan hasilnya sungguh menggembirakan. Data mengalir dengan baik dari daerah ke Pusat.

Lantas bagaimana dengan OPS Paud?
Tidak usah khawatir tidak bisa mengerjakan data-data yang sangat tidak familiar ini. Memang Dapodik Paudni mulai dikerjakan mulai akhir Desember 2014 (didaerah kami awal tahun 2015). Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan OPS Paud untuk mengatasi "ketidakmampuan" memahami pola kerja dari Dapodik menurut pengalaman kami yang sudah mengikuti alur kerjanya:

  •  Bila kebingungan segera menghubungi petugas UPTD yang lebih kompeten dalam bidang Dapodik, atau bisa juga menghubungi petugas dapodik pusat yang kontaknya sudah tertera di laman Dapodik Paud Dikmas
  • Aktif di grup Dapodik dan usahakan mengikuti lebih dari dua grup dapodik yang produktif.
  • Bangun jaringan pertemaan anda dengan sesama anggota grup agar sharing informasi bisa dengan mudah kita dapatkan.
  • Perlu ditekankan bahwa, memakai laptop atau perangkat komputer bila kita salah klik menu atau salah pencet tombol keyboard, perangkat kita tidak akan meledak. Hehehe....kami biasa menjawab berbagai pertanyaan seputar ini. Tenang saja bahwa diluar sana banyak tukang servis komputer.
  • Bila ada ketidakcocokan atau masalah apapun (dapodik), segera laporkan pada kepala sekolah apa masalah anda. Di lapangan yang paling jadi polemik adalah "honor". Selalu sosialisasikan dengan sekolah bagaimana jam terbang anda di depan komputer atau laptop untuk mengerjakan dapodik.
  • Selalu ikhlas dalam mengerjakan dapodik, bila anda tidak kuat mengerjakan dapodik sebisa mungkin jangan dipaksakan karena dapodik tidak bisa dikerjakan apabila anda sangat tidak nyaman dan keberatan mengerjakan aplikasi ini. ALASANNYA SIMPEL : data salah dan terjadi masalah yang ada hanyalah dosa hehehehe...
Sekiranya beberapa poin di atas yang sering muncul dan dipertanyakan OPS dapodik pemula. OPS adalah pekerjaan yang mulia, mari terus belajar untuk memahami alur kerjanya agar kita lebih mudah mengerjakan data.

Salam Satu Data

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon