Cara Mudah Menjaga Keamanan Privasi Saat Menggunakan Windows 10


Dapodikdasmen - Operator Sekolah pasti tidak asing lagi dengan Operaing System (OS) Windows. Pastinya saat anda membaca artikel ini kemungkinan anda sedang mengoperasika Windows 7. Nah...bagi Operator Sekolah yang dibelikan laptop baru (dipinjami) untuk keperluan dapodik kebanyakan menggunakan OS Windows 10.

Menurut pengalaman admin, Windows 10 super duper mudah dan ringan saat dipergunakan. Terlebih jika spesifikasi komputer, laptop, atau notebook bisa melebihi spesifikasi minimal.

Namun, asal tahu saja Windows 10 seperti layaknya hape smartphone yang biasa kita pakai sehari-hari. Seolah mengumpulkan data-data kita, apapun yang kita lakukan, siapapun yang kita hubungi, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya Windows 10 melakukan pengumpulan data untuk memaksimalkan Windows 10 kedepannya, tapi banyak pengguna yang meragukan hal tersebut dan terlalu risih bila gerak-geriknya selalu diintai.

Bagaimana Cara Menjaga Privasi Kita Saat Menggunakan OS Windows 10?

Cara termudah untuk mematikan fitur data gathering yang dilakukan oleh Windows 10 adalah mematikan iklan, cortanta, one drive sync, filter smartscreen, windows 10 sync, windows update, feedback & diagnostic. Matikan semuanya aja kalau tidak ingin repot.

Selain fitur diatas, kita juga bisa beralih menggunakan akun lokal serta mematikan fitur lokasi.

Operator Sekolah yang paham dengan seluk beluk Windows pasti tidak akan kesulitan untuk mematikan semua fitur tersebut.

Kalau yang agak awam gimana? Pusing pasti.

Bukannya merendahkan sesama Operator Sekolah tapi kenyataan dilapangan memang masih banyak yang seperti itu.

Cara Termudah Mematikan Privasi Di Windows 10 Tanpa Repot Gimana?

Kita pakai saja aplikasi pihak ketiga. Meskipun kita mematikan fitur seperti yang admin katakan pada langkah diatas, tapi tetap saja ada yang lolos.

Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mematikan privasi di windows 10 adalah W10Privacy.

Aplikasi ini gratis alias nggak bayar sama sekali, silahkan dipakai sepuasnya tapi jangan dijual lagi. Kasihan yang buat.

Cara pemakaian aplikasi ini cukup mudah, tinggal download aja aplikasinya. Setelah didownload cari aplikasinya lalu klik kanan pilih Run As Administrator biar dia mengambil kontrol penuh.

Setelah aplikasinya terbuka, baru kita centang mana yang ingin kita matikan. Jangan dicentang semua, ada beberapa fitur kalo dimatikan bisa membuat sistem Windows 10 berjalan tidak normal.

Kira-kira seperti ini tampilannya, klik aja kalau mau memperbesar.


Kalau butuh aplikasinya silahkan didownload pada link berikut


Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon