Indonesia Sering Dapat Penghargaan Tinggi Bidang Matematika Tapi ...



Negara Indonesia tercinta ini sering mendapatkan penghargaan di bidang Matematika dan sains terlihat di luar mutu pendidikan di bidang ini sangat maju. 

Tapi kalau dinilai secara umum pendidikan di dua bidang tersebut masih sangat rendah.



“Sayangnya kualitas pendidikan kita di bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya ‘Trends in International Mathematics and Science Study, TIMSS, atau Program for International Student Assessment, atau PISA,” ujar Kuncoro, Sekretaris ON MIPA-PT UBB, Jumat (19/02/2016).

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti menyelenggarakan ON MIPA-PT dengan bidang Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi, yang mulai dirintis pada tahun 2009. Even adu otak ini digelar tiap tahun.

Pada akhirnya kegiatan ini bertujuan untuk mendorong daya saing bangsa, termasuk mahasiswa di Bangka Belitung serta di berbagai tempat lainnya.

Para mahasiswa yang menjadi peserta ON MIPA-PT adalah mahasiswa program Strata Satu (S1) perguruan tinggi di lingkungan Kemenristekdikti. Maksimal semester delapan (8) dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) http://forlap.dikti.go.id.

“Mahasiswa berasal dari bidang ilmu MIPA atau relevan, dan belum lulus hingga 31 Agsutus pada tahun pelaksanaan seleksi,” tukas Kuncoro.

Syarat lainnya, mahasiswa bersangkutan belum pernah mendapatkan medali emas atau juara I masing-masing dalam ON MIPA-PT atau Olimpiade Sains Nasional (OSN)-Pertamina.
“Calon peserta ON MIPA-PT tentu harus mendaftarkan diri ke laman http://mahasiswa.ubb.ac.id,” ujarnya. 

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon