Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Install Dapodik Versi 2017 Dan Versi Terbaru Lainnya?


Dapodikdasmen - Setelah libur panjang akhirnya aplikasi dapodik terbaru telah rilis, kini saatnya operator sekolah kembali melaksanakan tugasnya.

Nah, sebagai pengingat apa yang akan kita lakukan setelah install dapodik terbaru mungkin beberapa hal berikut bisa membantu

PERSIAPKAN LAPTOP


Laptop merupakan komponen penting dalam dunia pendataan aplikasi Dapodik. Bersihkan sampah sistem yang tidak terpakai menggunakan aplikasi pembersih yang telah kami posting di beberapa artikel.


UPDATE DATA SEKOLAH

Dalam melakukan Update Data Sekolah yang harus kita lakukan adalah melengkapi Data Periodik Semester Genap dan Sanitasi Semester Genap.


UPDATE DATA SARPRAS


Untuk lebih simpelnya melakukan Update Data Sarpras yang terdapat di menu sarpras kita bisa menggunakan tombol Salin Data Periodik.

Gunanya adalah menyalin semua Data Periodik dari semester sebelumnya dalam hal ini semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017).


UPDATE DATA PESERTA DIDIK

Kita bisa langung klik tombol Salin Data Periodik yang terdapat di Menu Peserta Didik yang gunanya adalah untuk menyalin semua data periodik peserta didik semester sebelumnya.

Pastikan Jumlah Peserta Didik yang tertera di bawah sama dengan data yang disalin,
Apabila ada siswa pindahan dari sekolah lain, silahkan ditambahkan. Dan apabila ada siswa mutasi, silahkan dimutasikan.


UPDATE DATA GTK

Mulai dari aplikasi dapodik versi 2017, kolom Guru dan kolom Tenaga Pendidikan (Tendik) akhirnya dipisahkan untuk mempermudah pendataan.

Dalam Update Data GTK ini yang bisa kita lakukan adalah mencentang keaktifan setiap bulan pada masing-masing guru dan tenaga kependidikan.

"Sesuai dengan saran dari operator kabupaten wilayah kami, disarankan untuk mencentang keaktifan setiap bulan, atau bisa minta petunjuk kepala sekolah bagaimana baiknya"

Jangan lupa untuk menambahkan kompetensi serta riwayat mengajar setiap guru. Juga lakukan update data apabila ada data yang mau dirubah.


UPDATE DATA ROMBONGAN BELAJAR

Setelah install aplikasi dapodik 2017 dan versi terbaru lainnya, rombel pasti akan menjadi kosong kembali.

Karena itu artinya kita harus mengisinya kembali, untuk lebih mudahnya kita masuk ke Menu Rombel >>> klik Menu Aksi >> Lanjutkan Semester.


Akan muncul jendela konfirmasi , pilih kelasnya lalu klik Simpan.

Lakukan berulang hingga semua rombongan belajar selesai dibuat.


UPDATE DATA PEMBELAJARAN


Yang terakhir adalah melengkapi Pembelajaran pada menu rombel. Sesuaikan dengan kurikulum dan surat pembagian tugas mengajar yang sudah ditetapkan.

Hati-hati, dalam memilih nama mata pelajaran harus sesuai dengan bidang sertifikasinya dan jumlah JJMnya, karena akan berdampak pada keterangan invalid di web Info GTK.


Semoga artikel ini bermanfaat.

***

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon