Mengatasi "Username Tidak Terdaftar" Setelah Registrasi Operator Dapodik Tidak Bisa Login


Mengatasi "Username Tidak Terdaftar" Setelah Registrasi Operator Dapodik Tidak Bisa Login - Setelah melakukan install ulang dapodik seperti biasa kita harus melakukan registrasi operator dapodik. Namun terkadang muncul masalah.

Di awal sudah sukses registrasi, setelah logout, kemudian mau login lagi malah gagal dengan keterangan username tidak terdaftar.

Beberapa hal berikut mungkin bisa menjadi penyebabnya :

Bila Operator adalah PTK
dan telah mengupdate data PTK di Profil Pengguna. Dalam Profil Pengguna kita harus mengisi:

  1. Nama Operator
  2. PTK (Bila Operator adalah PTK)
  3. Whatsapp
  4. Skype
  5. Alamat
  6. No Telp
  7. No HP

Saat data Profil Pengguna masih kosong (belum diisi). Username yang tampil adalah username yang kita gunakan untuk Login Aplikasi Dapodik.

Dan ketika OPs sudah melengkapi isian Profil Pengguna (Point 1-7). Ada beberapa kasus username akan berubah sesuai dengan email pribadi PTK yang bertugas sebagai operator.

Solusi mengatasi gagal login tersebut, untuk login selanjutnya OPs tinggal menggunakan username emailnya dengan password yang sama ketika registrasi (password tidak berubah).

KESALAHAN PENGISIAN PASSWORD / LUPA PASSWORD
Kita tidak perlu install ulang aplikasi dapodik yang telah susah payah diinstall. Langkah termudah adalah dengan cara
  • Registrasi ulang dapodik menggunakan nama dan data lain (ngawur saja) yang penting KODE REGISTRASI sama dengan biasanya (email tidak harus yang terdaftar gmail...ngawur saja). Tapi ingat kita harus berhati-hati dalam mengisikan username dan password.
  • Setelah berhasil masuk, segera klik managemen pengguna dan ganti password dari email yang biasa kita pakai
Semoga beberapa tips diatas bisa mengatasi masalah anda.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon