Dapodik Bermasalah Validasi Peserta Didik Silang Merah Belum Memasukkan NIK Tidak Bisa Sinkron



DAPODIKDASMEN, Dapodik Bermasalah Validasi Peserta Didik Silang Merah Belum Memasukkan NIK Tidak Bisa Sinkron - Salam satu data operator dapodik yang tanpa lelah mengerjakan data. Hingga sampai saat ini terdapat banyak sekali permasalah terkait data yang kita kerjakan. Entah karena ketidaktahuan kita yang minim informasi serta permasalahan lain yang berkaitan dengan perangkat yang kita gunakan untuk mengerjakan aplikasi Dapodik.

Kali ini saya menemukan permasalahan terkait Validasi Peserta Didik Dapodik yang menunjukkan silang merah karena belum memasukkan NIK ataupun NIK diisi dengan 00000000000.

Berikut solusi yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Validasi Peserta Didik Dapodik silang merah karena belum memasukkan NIK

Masalah ini sebenarnya sangatlah mudah, kita hanya perlu memeriksa Kartu Keluarga ataupun akta kelahiran dari peserta didik yang dimaksud.

Namun seringkali hal tersebut menjadi sangat sulit karena ternyata si anak belum memiliki akta kelahiran.

Bahkan kemungkinan terburuknya karena sesuatu hal Kartu keluarga ataupun akta kelahiran tidak bisa ditemukan.
Sesegera mungkin untuk koordinasi dengan kepala sekolah dan wali kelas dari siswa yang dimaksud.


Validasi Peserta Didik Dapodik Silang Merah karena NIK diisi dengan 00000000000

Masalah ini solusinya hanyalah mengganti NIK peserta didik di dapodik sesuai dengan Kartu Keluarga ataupun Akta Kelahiran.

Dua masalah tersebut diatas sebenarnya sepele sekali

Namun bagaimana jika pengurusan masalah NIK tersebut lama dan Dapodik harus segera sinkron karena terkait dengan penarikan data untuk Dana BOS dan Pencairan TPP Guru ?

Langkah termudahnya adalah :
Sebisa mungkin untuk mencatat nama peserta didik yang mengalami masalah NIK, lalu isi dengan NIK yang paling mudah kita temukan. DENGAN CATATAN jangan sampai dibiarkan meskipun tidak mengalami masalah saat ini.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon