Cara Restore PMP Kemdikbud 100% Berhasil


Sebelumnya saya asumsikan anda sudah dapat mengoperasikan aplikasi dapodik, aplikasi pmp kemdikbud dan juga tahu seluk beluk system operasi windows jadi dalam tutorial ini tidak saya beri screenshot langkah-langkahnya secara rinci.

Perhatian, cara ini dilakukan untuk membackup database PMP dan menaruhnya di perangkat yang lain.

Cara merestore data PMP 100% berhasil adalah dengan cara :
1. Masuk ke Start Menu (win7&xp) >> klik kanan Computer >> klik Manage
2. Pilih Services and Applications >> pilih Services
3. Temukan DapodikDB, DapodikWebServ, PMPDb, PMPWebServ
4. Setelah ketemu matikan tiap service tersebut dengan cara klik kanan tiap service >> pilih STOP
5. Saya anggap anda telah mematikan semua service. Masuk ke Folder PMP di C >> Program Files
6. Setelah masuk Folder PMP >> copy folder database ke folder lain selain di C (saya lebih suka menaruhnya di document)

Setelah langkah ini anda selesaikan, langkah berikutnya adalah merestore aplikasi PMP. Saya asumsikan anda sudah meregistrasi dapodik sesuai dengan data di perangkat sebelumnya.

Untuk melakukan restore aplikasi PMP kemdikbud di perangkat baru yang perlu anda lakukan adalah :

  1. lakukan langkah 1 sampai langkah 5
  2. Setelah masuk Folder PMP >> copy database PMP Lama ke database PMP yang baru (kalau ada peringatan replace file setujui saja)
  3. Setelah selesai ulangi langkah 1 sampai langkah 3 >> setelah ditemukan klik kanan >> pilih start
  4. Saya anggap anda telah menyalakan keempat services tersebut
  5. Langkah akhir adalah Restart perangkat anda
Sampai disini saya berharap anda semua telah berhasil melakukan restore aplikasi PMP kemdikbud. Panduan ini menurut pengalaman saya sendiri saat laptop untuk mengerjakan PMP mengalami kerusakan Hardisk.

Semoga Bermanfaat

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon