Pemutakhiran Integrasi Dapodikdasmen, Apa Yang Penting??



Selama ini yang kita tahu bahwa Dapodikdas dan Dapodikmen berada di dua jalur pendataan yang berbeda, tapi kini kedua pendataan itu dilebur menjadi satu web pendataan yang beralamat di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah mengumumkan beberapa informasi penting terkait dengan Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdasmen) yang termuat dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 314/D/TI/2016, tertanggal 15 Januari 2016, tentang Pemutakhiran Data Dapodik.

Hal yang terpenting terdapat di beberapa poin, yaitu :


Poin Ketiga, web pendataan yang semula beralamat di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id akan segera diintegrasikan ke alamat dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. 

Dengan demikian, seluruh aktivitas dan manajemen pendataan dimigrasi ke alamat baru tersebut, yang rencananya akan diluncurkan paling lambat pada akhir Januari 2016. 

Poin Keempat, pengelolaan Dapodik jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah akan disatukan dalam Kelompok Kerja Data Pendidikan (KK Datadik) dengan menerbitkan Surat Keputusan Pembentukan KK Datadik Provinsi/Kabupaten/Kota terbaru dengan melibatkan operator pendataan Dapodikdas dan dapodikmen sebelumnya.

Poin Kelima, untuk menjamin validitas faktual data Dapodik yang dikirimkan oleh sekolah melalui online, maka kepala sekolah wajib mengunduh, mengesahkan sekaligus menyerahkan Dokumen Pakta Integritas yang dapat diakses di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id ke KK Datadik Kabupaten/Kota

Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan jika anda merasa terbantu.

sumber : kkgjaro.blogspot.com

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon